Doa Mohon Kesehatan Badan, Pendengaran dan Penglihatan

Di antara anugerah Allah yang amat mahal harganya adalah kesehatan badan. Tak aneh bila baginda Rasulullah saw memanjatkan doanya kepada Allah SWT dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Seorang tabi’in bernama Abdurrahman bin Abi Bakrah ra meriwayatkan:

يَا أَبَتِ، إِنِّي أَسْمَعُكَ تَدْعُوْ كُلَّ غَدَاةٍ: اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، تُعِيْدُهَا ثَلَاثًا حِيْنَ تُصْبِحُ، وَثَلَاثًا حِيْنَ تُمْسِي؟ فَقَالَ: إِنِّي سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُوْ بِهِنَّ، فَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَسْتَنَّ بسُنَّتِه. (رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ)

Wahai ayah, di waktu pagi aku selalu mendengarmu berdoa, Allâhumma ‘âfinî fî badanî, Allâhumma ‘âfinî fî sam‘î, Allâhumma ‘âfinî fî basharî, lâ ilâha illâ anta (Ya Allah, sehatkanlah badanku, sehatkanlah pendengaranku, dan sehatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan selain Engkau). Engkau ulang-ulang hingga tiga kali baik pagi maupun sore hari. Ia menjawab, “aku pernah mendengar Rasulullah SAW berdoa dengannya, maka aku ingin mengikuti sunahnya.” (HR. Abu Daud dari Abdurrahman bin Abi Bakrah ra.)

Mengapa kesehatan tubuh itu begitu penting, sampai-sampai Rasulullah saw secara berulang-ulang memohonnya kepada Sang Khaliq? Salah satu hikmahnya, karena kondisi tubuh yang sehat dapat mendukung pencapaian target kualitas maupun kuantitas amal kita. Sebaliknya, kondisi tubuh yang sakit dapat menghambat produktivitas amal kita.

Menarik untuk direnungkan lebih dalam, dalam doa di atas, baginda Rasulullah saw menyebutkan kata sama‘ (pendengaran) dan bashar (penglihatan) secara khusus, bukankah dengan menyebut kata badan saja  sudah mencakup makna keduanya. Hal ini mengindikasikan betapa pentingnya fungsi kedua organ tubuh tersebut (telinga dan mata).

Baca Juga :  Doa Meminta Anak Saleh

Di antara bukti bahwa pendengaran dan penglihatan ituamat penting perannya dalam kehidupan umat manusia, Allah SWT menegaskan bahwa keduanya secara khusus akan dimintai pertanggung jawaban di sisi-Nya, seperti termaktub dalam surah Al-Isra: 36 berikut ini: “Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” La haula wala quwwata illa billah.

Karena kesehatan itu karunia Allah sekaligus amanah dari-Nya, maka sudah sepatutnya kita selalu menjaganya dengan baik. Agar kondisi badan kita tetap sehat tentu selain berdoa kepada-Nya secara rutin pagi dan sore, perlu ditopang dengan usaha manusiawi, seperti: mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, meminum air mineral yang cukup, dan melakukan olah raga secara teratur. Semoga dengan merutinkan membaca doa yang diajarkan Rasulullaah saw di atas setiap pagi dan petang, didukung dengan usaha manusiawi, kondisi kesehatan kita tetap terpelihara, lebih-lebih di musim pandemi seperti sekarang ini. UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *