Inilah 7 Nama Buah dalam Al-Qur’an

“Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya …” (QS. Fathir/35: 27)

Firman Allah di atas mengajak umat manusia supaya mau memikirkan dan merenungkan lebih jauh mengenai kemahakuasaan Allah SWT. Dalam hal ini, setiap insan diingatkan dengan suatu peristiwa yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari, yaitu turunnya hujan dari langit yang dengannya Allah menumbuhkan aneka macam buah-buahan dari dalam perut bumi.

Imam Al-Alusi menjelaskan keanekaragaman buah-buahan dalam ayat tersebut dapat dimaknai terdapat perbedaan jenis (nau’) seperti ada buah apel, delima, anggur, tin, dan sebagainya. Dapat pula diartikan terdapat perbedaan warna (laun) seperti ada buah yang berwarna kuning, merah, ada pula yang hijau. Pemaknaan yang kedua ini didukung oleh keterangan imam Ibnu Jarir dari imam Qatadah.

Pernahkah terlintas dalam benak pikiran, siapakah yang telah menjadikan buah-buahan beraneka ragam jenis dan warnanya? Padahal, disiram dengan air yang sama yakni air hujan yang diturunkan dari langit dan keluar dari tanah (bumi) yang sama. Sungguh menakjubkan bukan? Ma syaa Allah, Tabarakallah.

Dalam kehidupan sehari-hari, rasa-rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal buah-buahan, terlebih di negara agraria seperti Indonesia yang subur tanahnya. Tak bisa dipungkiri, sejak zaman dahulu hingga sekarang, seakan sudah menjadi turun temurun orang-orang menjadikan buah-buahan sebagai makanan pencuci mulut. Di antara buah-buahan favorit yang umumnya tersaji di atas meja makan atau  bahkan meja tamu yaitu buah pisang, jeruk, salak, apel, anggur, hingga semangka dengan beragam varietasnya.

Menariknya lagi, apabila menelaah kalam-kalam Allah SWT dalam Al-Qur’an dengan seksama, terdapat beberapa jenis buah-buahan yang secara spesifik disebutkan dalam Al-Qur’an. Sejauh pengetahuan penulis ada 7 nama buah yang diperkenalkan oleh Al-Qur’an, antara lain yaitu:

Baca Juga :  Memungut Mutiara dari Samudra Al-Fatihah

Pertama, pisang (thalh). Buah pisang disebutkan 1 kali yaitu dalam surah al-Wâqi‘ah/56: 29.

Kedua, anggur (‘inab). Buah anggur disebutkan 11 kali yang tersebar dalam surah al-Baqarah/2: 266; surah al-An’am/6: 99; surah ar-Radu/13: 4; surah an-Nahl/16: 11, 67; surah al-Isra/17: 91; surah al-Mu’minun/23: 19; surah Yasin/36: 34; dan surah an-Naba/78: 32; surah ‘Abasa/80: 28.

Ketiga, delima (rummân). Buah delima disebutkan 3 kali yang tersebar dalam surah al-An’am/6: 99, 141; surah ar-Rahman/55: 68.

Keempat, zaitun (zaitûn). Buah zaitun disebutkan 6 kali yang tersebar dalam surah al-An’am/6: 99, 141; surah an-Nahl/16: 11; surah an-Nur/24: 35; surah ‘Abasa/80: 29; dan surah at-Tin/95: 1.

Kelima, tin (tin). Buah tin disebutkan hanya 1 kali yaitu dalam surah at-Tin/95: 1.

Keenam, kurma (nakhil, ruthab). Buah kurma disebutkan 9 kali yang tersebar dalam surah al-Baqarah/2: 266; surah ar-Ra‘du/13: 4; surah an-Nahl/16: 11, 67; surah al-Isra/17: 91; surah Maryam/19: 25; surah al-Mu’minun/23: 19; surah Yasin/36: 34; surah ‘Abasa/80: 29.

Ketujuh, bidara (sidr). Buah bidara disebutkan 2 kali yaitu dalam surah al-Wâqi‘ah/56: 28 dan surah Saba/34: 16.

Ma syaa Allah, sudah berapa banyak jenis buah-buahan yang kita konsumsi hingga kini? Dan seberapa sering kita memikirkan proses penciptaannya sehingga keimanan kita semakin kuat dan rasa syukur kita semakin mantap kepada Sang Khaliq? Padahal, Allah telah mengingatkan kita melalui kalam-Nya: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl/16: 11). Wallahu Ta’ala A’lam. (UNS)

4 thoughts on “Inilah 7 Nama Buah dalam Al-Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *