Tentang Kang Nandar

Selamat datang.

Nandar Sunandar (Kang Nandar) lahir di Ciamis, 24 April 1980 adalah seorang dosen Agama Islam yang juga pegiat dakwah dan sosial.

Masa kecilnya ia lalui di Ciamis, Jawa Barat. Sekolah Dasar kelas 1 sampai 5 di SDN Karangkamulyan I Cijeungjing, Ciamis, kemudian kelas 6 pindah sekolah ke SDN Bojong I Cijeungjing, Ciamis karena sekalian mondok di Pondok Pesantren Miftahul Huda 357 Bojongmengger, Cijeungjing, Ciamis, lulus SD tahun 1993. Setelah tamat SD ia belajar di MTs PUI Cijantung, Ciamis, lulus tahun 1996. Kemudian ia melanjutkan ke MA PUI Cijantung, Ciamis, lulus tahun 1999. Selain belajar di sekolah formal, ia pun menjadi “santri kalong” di Mahad Nurul Amal Ciamis.

Setelah menamatkan sekolah lanjutan tingkat atas, Kang Nandar berkesempatan belajar di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Hikmah Cirebon, ia belajar al-Qur’an dan ilmu keislaman selama lebih kurang satu tahun. Lalu ia medalami bahasa Arab di Mahad Al-Imarat Bandung hingga tahun 2001.

Pada awal tahun 2002 ia diterima sebagai mahasiswa di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, pada program bahasa Arab (I’dad Lughawi dan Takmili) lulus tahun 2005. Sembari belajar bahasa Arab di LIPIA, ia juga berkesempatan kuliah S-1 di Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam (IAI) Al-Aqidah Jakarta (sekarang berganti nama menjadi STAI Indonesia), lulus tahun 2006. Kemudian ia diterima sebagai mahasiswa program S-1 di Fakultas Syariah LIPIA Jakarta, lulus tahun 2009.

Setelah lulus sarjana strata satu di LIPIA Jakarta, ia melanjutkan kuliah S-2 di program pascasarjana Universitas Indonesia (UI), Fakultas Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Jurusan Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI), peminatan Politik dan Hubungan Internasional di Timur Tengah, lulus tahun 2012.

Di sela-sela kesibukan belajar di kampus, ia juga aktif mengajar bahasa Arab di Pusat Studi Islam (PSI) Al-Manar Jakarta sejak tahun 2006 hingga 2013. Sedangkan dalam keorganisasian, ia pun aktif di organisasi kemahasiswaan dan sebagai staf di World Assembly of Muslim Youth (WAMY) kantor cabang Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2016.

Setelah selesai kuliah program magister, tahun 2013 ia tercatat sebagai dosen tetap pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Qudwah Depok hingga sekarang. Pada tahun yang sama ia juga mengampu mata kuliah Agama Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasila hingga tahun 2016.

Pada tahun 2016 ia berkesempatan memperoleh beasiswa program 5000 Doktor dari Kementerian Agama RI untuk melanjutkan kuliah S-3 di Institut PTIQ Jakarta, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Hingga tulisan ini dipublikasikan, ia sedang menuntaskan tugas akhirnya.

Sambil menuntaskan penelitian disertasinya, ia mengajar di Mahad Aly An-Nuaimy Jakarta sejak tahun 2016, juga mengampu mata kuliah Agama Islam di Politeknik Kesehatan Jakarta II Kementerian Kesehatan RI, pada jurusan Analisis Farmasi dan Makanan sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Kini, suami bagi seorang isteri, ayah bagi tiga anak, mengetuai yayasan Qaryatul Ilmi Ciamis, pengurus Daerah Ikadi Jakarta Selatan, ia pun aktif berdakwah melalui mimbar-mimbar Jumat serta kajian-kajian keislaman di masyarakat baik secara daring maupun luring.

Akhirnya, mudah-mudahan apa yang ada di blog ini dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang berkesempatan mengunjungi blog ini.

Terima kasih.

Nandar Sunandar, Lc., M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *